5 tips Membuat Foto Produk Yang Bisa Bikin Konsumen Jatuh Hati

Posted on

Jatuh cinta pada pandangan pertama tak hanya berlaku pada kisah asmara dua sejoli saja. Para pelaku bisnis online shop pun seperti terinspirasi dengan ungkapan tersebut. Mereka saling bersaing dan berjuang keras untuk bisa berhasil memikat calon konsumen dengan menampilakan catalog-catalog produk yang didesain sedemikian rupa, hingga membuat mata para calon pembeli dibuatnya tak berkedip. Nah, jangan sampai anda ketinggalan ! simak baik-baik 5 tips Membuat Foto Produk yang Bisa Bikin Konsumen Jatuh Hati

1. Foto Menggunakan Kamera Beresolusi Tinggi

Anda tak perlu menyewa jasa fotrografer profesional hanya untuk sekedar mem-foto produk yang akan dijadikan katalog. Hal tersebut bisa anda lakukan sendiri dengan memakai kamera yang anda miliki di rumah. Namun, sebelumnya pastikan bahwa kamera kalian memiliki spesifikasi dengan standart resolusi yang cukup baik. Anda bisa memanfaatkan lensa kamera DSLR untuk mendapat hasil yang maksimal, atau jika tidak punya dengan HP atau kamera smartphone anda saja juga sudah sangat cukup, asal memiliki resolusi tinggi seperti yang disebut diatas.

Kenapa harus kamera yang beresolusi tinggi ? anda sendiri pasti juga sudah tahu jawabannya. Resolusi yang ada pada kamera sangat mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkannya. Semakin tinggi resolusi, maka jepretan foto yang dihasilkan juga akan semakin memuaskan.

2. Pilih Background Foto yang Tepat

Background yang dimaksud disini meliputi letak, latar belakang, serta pencahayaan yang baik dan sesuai. Letak atau posisikan produk yang akan difoto menyesuaikan dengan jenis produk itu sendiri. Misalkan produk yang akan anda jual adalah produk fashion atau baju. Alangkah lebih baik jika anda mencari seorang model untuk memakai baju yang akan diambil fotonya, anda bisa meminta bantuan teman atau siapa saja yang menurut anda pas untuk dijadikan model. Jika tak ada model anda juga bisa memakaikan baju tersebut ke manekin sebelum difoto.

Latar belakang mengacu pada tempat dimana anda memfoto produk tersebut. Sesuaikan warna, dan kondisi disekeliling. Pilih warna latar belakang yang sesuai dengan warna produk anda, dan pastikan kondisi di sekitar tempat objek foto anda tidak terlalu rami agar produk yang jadi objek foto bisa terlihat tetap menonjol.

Memilih tempat dengan pencahayaan cukup juga sangat mempengaruhi hasil foto produk anda nantinya. Cari lokasi yang cerah tidak gelap, atau jika perlu gunakan lampu penererangan untuk menambah kapasitas cahaya. Terakhir yang perlu diingat, jangan sampai memfoto objek dengan membelakangi cahaya.

3. Atur Sudut Pengambilan Gambar

Untuk membuat para calon konsumen lebih yakin akan kualitas produk yang anda jual, ambil foto dari produk anda dengan berbaga angle atau sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang dalam pengambilan foto bisa anda lakukan mulai dari bagian depan produk, belakang, samping kanan dan kiri, hingga atas-bawah jika perlu.

4. Edit Foto dengan Software Editing

Anda bisa memanfaatkan software editing foto seperti photoshop untuk mempercantik tampilan foto produk anda. Anda bisa menambahkan efek-efek yang keren pada foto produk anda dengan menggunakan aplikasi editing tersebut. Hal ini juga sangat penting dan menjadi salah satu faktor yang dapat menarik perhatian para calon konsumen anda.

5. Watermark

Watermark atau tanda air adalah langkah terakhir yang juga tak boleh anda lewatkan. Anda bisa menmpelkan logo produk anda sebagai identitas dan sarana promosi yang cukup efektif. Bayangkan saja, jika ada beberapa konsumen anda yang membagikan foto produk anda di media sosial, dengan adanya watermark pada foto tersebut akan jadi satu keuntungan bagi anda karena secara tak langsung anda sudah dapat promosi gratis.

 

Nah, itulah tadi 5 tips Membuat Foto Produk Menarik yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan omset penjualan produk di bisnis online yang sedang anda jalankan. Semoga artikel ini membantu. Jika anda memiliki tips lain untuk melengkapi 5 tips diatas. Silahkan bagikan tips bermanfaat anda melalui kolom komentar.