Cara Meyakinkan Calon Konsumen Agar Percaya Transaksi Online dengan Anda

Posted on

Kemudahan mengakses dunia tanpa batas melalui koneksi internet, memang sedikit banyak telah merubah pola kehidupan masyarakat di dunia. Mulai dari gaya hidup hingga metode berbisnis pun kini sudah beralih dengan cara yang serba online. jika anda dengan sengaja maupun tidak telah menemukan artikel ini, sudah bisa dipastikan jika anda adalah satu dari sekian banyak pelaku bisnis berbasis online tersebut. Dan alangkah beruntungnya anda karena di artikel Maspur.com kali ini kita akan membongkar cara dari salah satu teknik meningkatkan penjualan bisnis online dengan Cara Meyakinkan Calon Konsumen Agar Percaya Transaksi Online dengan Anda.

Seperti yang telah sering saya singgung di blog ini tentang banyaknya para pebisnis offline yang melebarkan sayap bisnisnya dengan menggelar lapak di dunia maya. Tentu hal tersebut akan membuat peluang kelancaran bisnis online anda berkurang, karena ketatnya persaingan. Namun, hal itu tidak akan terjadi jika dalam perjalanan bisnist tersebut anda melangkahkan kaki di jalan yang tepat. Salah satunya adalah membangun image bisnis anda agar para konsumen tak lagi ada rasa ragu untuk bertransaksi di dunia maya.

baca juga : 7 Manfaat Facebook untuk Membangun Bisnis Online

Namun, sebelum masuk ke inti tips Meyakinkan Calon Konsumen Agar Percaya Transaksi Online dengan anda. Alangkah baiknya jika terlebih dahulu anda mengetahui penyebab para calon pembeli ragu atau bahkan tidak percaya bertransaksi online dengan anda.

Apa yang Menyebabkan Konsumen Ragu Membeli Produk di Internet ?

Banyak faktor yang menyebabkan calon konsumen ragu ber-transaksi online. beberapa diantaranya adalah :

  • Tidak kenal dengan si penjual

Tujuan utama adanya internet adalah agar kita mendapatkan akses utnuk menemukan hal-hal baru baik itu informasi, pengalaman, hingga orang-orang baru yang belum pernah kita temui sebelumnya. namun meskipun begitu, sisi naluri yang ada pada setiap diri manusia tang akan selalu over protective terhadap orang-orang asing yang belum mereka kenal tak semudah itu dihilangkan. Hal ini juga menjadi pengaruh tersendiri terhadap kelancaran anda dalam menjaring konsumen untuk produk-0produk yang anda tawarkan melalui media online.

  • Tidak bertatap muka secara langsung

Hal ini sudah menjadi kebiasaan pada kebanyakan masyarakat di negara berkembang. Mereka sudah terbiasa bertransaksi jual-beli dengan cara konvensional. Menurut mereka bertransaksi yang aman adalah dengan cara bertemu secara langsung dengan si penjual.

  • Ragu akan kualitas barang

Faktor ketiga ini sebenarnya adalah akibat dari kedua faktor yang telah kita bahas diatas. Karena tidak mengenal penjual dan tidak bertatap muka secara langsung, tentu mereka akan merasa ragu dengan kualitas barang yang akan dibelinya. Meskipun kondisi serta informasi lengkap dari produk tersebut sudah tertera jelas dalam catalog yang disertakan.

baca juga : Pentingnya Desain Website untuk Mempengaruhi Minat Visitor

Cara Meyakinkan Calon Konsumen Tak Ragu Membeli Produk Bisnis Online Anda

Nah, setelah anda mengetahui penyebab keraguan para calon konsumen dalam bertransaksi via online, kini saatnya anda menerapkan beberapa tips diatasa untuk mengantisipasi serta mengatasi masalah tersebut.

1. Buat Toko Online anda terlihat Bonafit

Jangan mengartikan kata bonafit dengan sesuatu yang serba mahal. Bonafit yang saya maksud disini adalah terkesan professional. Tak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membuat toko yang emiliki kesan profesional apalagi di dunia internet. Semua itu bisa bisa anda lakukan dengan melengkapi toko anda dengan beberapa poin penting dibawah ini.

  • Buat tampilan situs toko online anda semenarik mungkin. Anda tak perlu menyewa jasa web designer untuk membuat situs toko online yang menarik. Memanfaatkan fitur fanspage facebook juga bisa anda manfaatkan jika anda menguasai ilmu koding dan teknik membangun web yang mumpuni.
  • Ciptakan nama yang Brandable untuk toko online anda. Singkatnya, Nama yang brandable adalah yang unik dan mudah diingat oleh para konsumen. Contohlah nama toko online atau marketplace-marketplace besar seperti OLX, Tokopedia, Bukalapak, dll
  • Sertakan  informasi yang jelas tentang Toko online anda, meliputi informasi kontak, alamat dan lokasi yang jelas. Jika perlu anda bisa menautkan fitur google map pada situs toko online anda.
  • Selalu tampilan foto catalog produk denga kualitas gambar yang berkualitas High Definition (HD).

2. Jadwalkan Update Rutinitas

Lakukan aktivitas update produk maupun informasi secara berkala di toko online anda, baik di blog, website, maupun akun-akun social media. Dengan melakukan update ruti, maka para calon konsumen akan tahu kalau bisnis yang anda jalankan masih aktif dan siap melayani setiap saat.

3. Sesekali Buat Promo

Promo dengan diskon atau sejenisnya terbukti ampuh untuk menjaring banyak clossing untuk bisnis online yang anda jalankan. dengan banyaknya pembeli saat kalian mengadakan promo, para konsumen yang sudah membeli produk anda tersebut bisa anda manfaatkan untuk melakukan poin keempat !

4. Tampilkan Testimoni

Testimoni atau pernyataan dari pembeli yang telah melakukan transaksi dengan anda juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi psikologi para calon konsumen. Dengan melihat komentar positif dari pembeli sebelumnya. calon konsumen tentu akan jadi lebih mantab membeli barang dagangan anda.

5. Jangan Jualan Terus

Penjual kok gak boleh jualan ? yang saya maksud disini adalah alangkah baiknya jika dalam melakukan update aktivitas, anda sesekali menyisipkan informasi yang bermanfaat seperti tutorial dan sejenisnya kepada para calon konsumen, agar mereka tidak bosan dengan notifikasi penawaran kalian yang terus muncul di timeline mereka.

 

Nah, cukup 5 poin sederhana tadi untuk artikel kali ini. Meskipun terlihat sangat sederhana, namun jangan salah, dengantips Cara Meyakinkan Calon Konsumen Agar Percaya Transaksi Online dengan Anda yang telah kita bahas diatas, saya yakin tak lama lagi bisnis online anda akan banjir order. Apalagi jika disertai dengan do’a yang rutin dan tanpa putus !

MasPur
Cuma seorang Newbie Internet Marketer