Cara Sukses Mendapatkan Dollar dari YouTube

Posted on

Yotube adalah satu situs besar rancangan tiga veteran PayPal yang memutuskan keluar dari kesatuannya, demi ingin membangun kerajaan bisnisnya sendiri. Awal diciptakannya, YouTube memang pernah beberapa kali mengalami kebangkrutan. Hingga akhirnya, ketiga founder YouTube harus merelakan situs berbagi video itu diakuisisi oleh perusahaan raksasa Google.

Meski sekarang mereka telah menjadi jutawan besar di negeri paman sam, melihat kondisi YouTube yang sekarang mungkin mereka akan sedikit ada rasa penyesalan. Dulu, mereka sama sekali tak mengira bahwa situs yang dibuatnya akan beralih fungsi, dari sekedar hanya untuk situs sosial media berkonten video. Bahkan, lebih dari itu, YouTube telah bisa mengimbangi si raksasa dunia internet yakni Google, menjadi sebuah situs mesin pencari.

Menariknya lagi, YouTube kini banyak dimanfaatkan oleh para Internet Marketer untuk mempromosikan produknya, maupun bergabung menjadi mitra YouTube dan menjadi publisher iklan dari situs penyedia iklan tersebar Google Adsense. YouTube sendiri memang telah terkoneksi dengan Adsense, dua anak emas Google ini banyak memberikan manfaat bagi para pebisnis online untuk mendapatkan dollar dari internet, dengan menjadi seorang Youtuber.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan pundi-pundi uang dari internet melalui YouTube ? Simak baik-baik beberapa poin dibawah ini !

Cara Sukses Mendapatkan Dollar dari YouTube

Menjadi seorang YouTuber, tak ubahnya dengan bisnis online lainnya. Kalian tetap harus mencari dan menyediakan produk yang menarik serta berkualitas untuk para penonton YouTube. Produk yang dimaksud disini bukan dalam bentuk barang, namun konten video yang anda upload di situs jejaring sosial tersebut. Berikut ini cara sukses mendapat dollar dari youtube selengkapnya !

1. Buat Channel dan Siapkan Video Berkualitas

Belum tahu cara buat channel di YouTube ? mudah sekali. Kok ! Tinggal anda buat email baru, lalu sign up di YouTube dengan akun Google Email baru tersebut. Lengkapi channel anda dengan foto profil dan foto banner semenarik dan seprofesional mungkin. Lalu, verifikasi channel YouTube kalian dengan nomor handphone milik kalian pada bilah channel yang terdapat di creator studio YouTube. Setelah itu tinggal siapkan ide untuk membuat konten yang menarik dan tentunya berkualitas. Konten berkualitas tak hanya dilihat dari segi penampilan video yang HD dan sentuhan-sentuhan efek dari software editor saja, namun tayangan yang memberikan informasi bermanfaat jauh lebih penting dari semua itu.

2. Sesuaikan Niche dengan Hobi (Utamakan Niche Abadi)

Untuk lebih mudah memahami apa itu niche, anggap saja niche ini adalah tema dari konten-konten yang akan anda upload dalam channel YouTube anda. Dengan membuat niche yang sesuai dengan hobi, tentu akan membuat anda lebih semangat untuk terus memberikan update-update video terbaru untuk para penonton YouTube. Apalagi jika niche tadi termasuk salah satu kategori niche abadi, yaitu niche yang tak lekang oleh waktu. Contohnya seperti tutorial, informasi kesehatan, pendidikan, dll.

3. Terapkan Teknik SEO yang Tepat

Seperti halnya blog, video YouTube juga membutuhkan sentuhan optimasi SEO agar dapat bersaing dengan konten lainnya di mesin pencari YouTube. Untungnya, penerapan teknik SEO untuk video YouTube ini tidak serumit teknik SEO untuk blog. Anda cukup membuat judul, deskripsi, tag yang mengandung kata kunci yang ditargetkan saja, tentunya kata kunci yang dipakai juga harus sesuai dengan isi konten, jangan hanya untuk clikbait saja. Judul yang clickbait memang sangat berpengaruh dalam menjaring banyak penonton. Namun jika tidak disertai dengan konten yang sesuai, tentu itu akan jadi efek yang sangat negatif bagi video dan channel YouTube anda.

4. Promosikan Video Anda

Channel yang baru dibuat dengan video-video yang masih fresh sama halnya dengan sebuah toko yang baru saja dibangun. Untuk mendapatkan konsumen tentu anda harus giat melakukan promosi. Begitu juga dengan video YouTube, setelah anda mngupload video, untuk mendapatkan penonton tak cukup hanya menunggu saja. Manfaatkan fitur share yang ada pada YouTube untuk mempromosikan konten-konten anda di berbagai media sosial.

5. Konsisten

Jika keempat poin diatas sudah anda terapkan, langkah selanjutnya adalah kerjakan semuanya dengan berbekal kesabaran dan konsisten. Karena untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan berhasil mendapatkan uang dari internet melalui YouTube, anda harus menautkan channel YouTube anda dengan akun Google Adsense. Sedangkan ketentuan baru dari YouTube adalah setiap pengguna bisa mengkaitkan channelnya dengan Adsense untuk menampilkan iklan, setelah channel tersebut sudah mencapai target 10.000 view.

Maka dari itu poin kelima dari tips Bisnis Online Menjanjikan dan Tanpa Modal dengan Youtube kali ini, yakni konsisten mengupload video setiap harinya hingga mempromosikan video sangat dibutuhkan, agar anda bisa menjadi seorang youtuber sukses dan merasakan penghasilan dari iklan yang tayang di video anda.

MasPur
Cuma seorang Newbie Internet Marketer