Pentingnya Desain Website untuk Mempengaruhi Minat Visitor

Posted on

Sebuah pertanyaan klasik yang hingga saat ini masih terus menjadi perdebatan di kalangan blogger (baca:internet marketer). Sebagian dari kita pasti ada yang memiliki anggapan bahwa tampilan website berada pada urutan nomor sekian, beberapa poin dibawah kualitas konten. Ya ! penyataan tersebut memang tidak salah, namun juga tidak selamanya benar !.

Kita saat ini sudah tak lagi hidup pada tahun 80’an, dimana pada tahun tersebut adalah masa keemasan dari salah satu pendahulu media elektronik, yaitu radio yang hanya mengandalkan suara dalam frekuensi tertentu untuk manyampaikan kontennya hingga ke telinga para pendengar. Kita sekarang sudah hidup pada era dimana ‘no gambar is hoax’. Ungkapan tersebut mengacu pada pentingnya peran tampilan visual untuk mempengaruhi minat audience.

Belum ‘ngeh’ dengan maksud paragraf diatas ? Yuk, kita lanjutkan.

Radio mengandalkan suara untuk menyampaikan informasi kepada para pendengarnya. Tanpa didukung dengan kualitas info maupun skill announcer yang cukup tinggi, tentu para pendengar akan jemu dan akhirnya tak lagi berminat untuk tetap stay tuned pada stasiun radio tersebut. Nah, karena itulah kualitas dan kesaktian konten yang dibawakan oleh sang penyiar sangat dibutuhkan.

Lalu, apa berarti saat ini kualitas konten sudah tak lagi penting ? Salah besar jika anda memiliki gagasan seperti itu. Yuk, lanjut ke poin berikutnya untuk penjelasannya.

 

Seberapa Penting Peran Desain Web Dibanding Kualitas Konten

Dulu atau sekarang konten tetap menjadi raja, raja yang tak aka pernah tergantikan. Namun, seorang raja tentu harus memiliki permaisuri, bukan ? Disini letak peran ‘desain atau tampilan’ yang sebenarnya.

Bagi sebuah website, desain juga bisa diibaratkan sebagai seorang gelandang tengah dalam permainan sepakbola. Ia yang bertugas menggiring bola dan mencarikan celah untuk sang striker, yang dalam hal ini adalah konten itu sendiri. Seperti halnya gelandang yang menerima bola dari kiper, desain website yang pertama kali akan berjuang keras untuk mempertahankan visitor website yang datang dari mesin pencari atau dari manapun, agar tetap betah berlama-lama berada dalam web tersebut dan menelusuri setiap navigasi yang ada, hingga akhirnya si visitor menemukan konten yang ia cari.

Beberapa survey telah membuktikan bahwa pada detik-detik awal ketika visitor mengunjungi sebuah blog atau website, mereka bahkan tak peduli pada apa yang ada dalam blog atau website tersebut. Perhatian mereka tertuju pada tampilan website dimana bagian tersebut yang pertama kali tertangkap oleh indera pengelihatan mereka. Itulah sebabnya mengapa sorang permasuri yang cantik (design web) harus mendampingi raja yang sakti (konten web).

 

Bagaimana Menentukan Desain Website yang Tepat

Beberapa faktor dapat menjadi acuan bagaimana memilih desain website yang tepat. Salah satunya adalah dengan cara menyesuaikan pada segmentasi produk yang anda tawakan melalui website dan kepada siapa anda akan menjual produk atau jasa anda tersebut. Contohnya, jika kalian menjual jasa bulan madu untuk pasangan muda yang baru menikah maka seharusnya anda harus membuat sebuah desain website yang terlihat elegan, romantis, dengan pemilihan warna yang kalem sesuai dengantarget pasar yang akan anda bidik. Atau mungkin anda juga bisa melihat-lihat desain yang diterapkan pada website kompetitor anda, lalu gunakan teknik ATM, Amati Tiru Modifikasi.

Poin selanjutnya yang juga tak kalah penting dalam menentukan desain web yang tepat adalah sistem navigasi website yang jelas. Pastikan website anda memiliki navigasi yang tidak ribet dan bisa memudahkan para visitor web anda. Navigasi sendiri memiliki fungsi yang sangat vital dalam sebuah blog atau website, yakni untuk alat penelusuran yang digunakan untuk mengexplore setiap konten yang ada pada blog/website anda.

Setelah semua itu terpenuhi, barulah pikirkan bagaimana caranya untuk membuat konten yang berkualitas, dan yang pasti berisi informasi-informasi penuh manfaat bagi pengunjung web. Jangan melulu menawarkan produk anda pada setiap konten yang anda buat, karena percayalah promosi yang paling baik adalah dengan cara berbagai. Buatlah prosentase 60:40, 60% untuk berbagi konten bermanfaat, sedangkan sisanya untuk konten yang bersifat penawaran.

Nah, itulah sedikit bahasan dari kami tentang Pentingnya Desain Website untuk Mempengaruhi Minat Visitor. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi inspirasi untuk membangun website bisnis milik anda.

MasPur
Cuma seorang Newbie Internet Marketer