Apa itu Affiliate Marketing, Cara Kerjanya dan Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Dalam dunia bisnis online di internet ada beberapa model bisnis yang cukup banyak diminati oleh sebagian pebisnis online salah satunya yaitu Affiliate Marketing. Affiliate marketing adalah model bisnis yang sudah lama dikenal dan yang membedakannya hanya istilah nama yang dipakai lebih terdengar sangat keren. Bisnis online seperti affiliate marketing bukanlah hal baru yang kita jumpai mungkin kalau di dunia nyata affiliate marketing adalah sama halnya dengan perantara atau makelar.

Apa itu Affiliate Marketing?

Yang membuat affiliate marketing beda dengan makelar yang sering kita dengar adalah market yang di garap oleh seorang pebisnis affiliate marketing . Kalau affiliate marketing kerjanya hanya online di dunia internet, makanya tidak beda jauh dengan makelar yang didunia nyata, affiliate marketing itu sama saja dengan makelar online.

Pengertian Affiliate Marketing

Sebenarnya sangat sederhana untuk memahami tentang apa itu affiliate marketing karena banyak contoh di dunia nyata yang mirip dengan sistem pemasaran affiliate marketing. Dan sederhananya cara kerja affiliate marketing adalah sama seperti seorang makelar atau perantara dari produk yang ditawarkan atau yang sedang dipromosikannya.

Sebagai Contoh di dunia nyata, misal Si A penjual dan penyedia jasa perangkat CCTV dan dia mempunyai pelanggan si Budi yang cocok dengan pelayanan jasa si A. Dan jika Si A seorang yang pintar berjualan maka dia juga akan menawarkan ke Budi untuk menggambil layanan Internet untuk CCTV si Budi dengan diskon dan harga yang terjangkau oleh si Budi. Tentu saja si Budi harus mengambil layanan Internet lewat Si A (Penjual Jasa CCTV) agar mendapat diskon, disini yang perlu kita ingat adalah kuncinya harus “Lewat” Si A tadi.

Jika si Budi setuju dengan penawaran dari si A untuk sekalian mengambil layanan internet untuk CCTV si Budi, maka Si A akan menerima komisi dari perusahaan layanan Internet tadi. Dan cara ini adalah salah satu sistem pemasaran dengan menggunakan perantara atau affiliasi sebagai marketingnya. Selain itu terjalin hubungan bisnis yang bagus antara si A dan perusahaan layanan internet tadi karena saling menguntungkan , perusahaan layanan internet akan senang karena mendapat order dari si A dan si A akan mendapatkan keuntungan komisi dari perusahaan layanan internet.

Mengenal Bisnis Afiliasi Lebih Dalam

Afiliasi berasal dari bahasa Inggris, affiliate atau affiliation, yang berarti bentuk kerjasama antara dua pihak yang masing- masing berdiri sendiri. Bisnis afiliasi adalah salah satu bentuk bisnis online yang dilakukan dengan cara menjual atau mereferensikan sebuah produk dari produsen kepada konsumen dengan bantuan seorang perantara. Perantara dalam penjualan ini disebut dengan makelar atau sales atau affiliate. Apabila sebagai Affiliate Anda mampu menjualkan produk produsen kepada konsumen maka kita akan mendapatkan komisi dari produsen.Afiliasi merupakan konsep penjualan online yang melibatkan pemilik barang, perantara dan pembeli dalam transaksi penjualan barang di internet. Di dunia nyata, affiliate bisa disamakan dengan broker, calo, makelar, sponsor atau perantara.

Ada 3 komponen yang terlibat dalam bisnis afiliasi, yaitu sebagai berikut.

  • Merchant
    Merchant adalah pihak yang memiliki barang atau jasa yang dijual melalui internet. Barang jasa yang dijual bisa berupa barang nyata (elektronik, buku, perhiasan, dan lainnya), barang maya (e-book, template web dan lain-lain), jasa (sewa domain, hosting dan lain-lain).
  • Affiliate (Perantara)
    Affiliate atau biasa disebut sebagai pihak perantara bertuugas untuk untuk menjual atau mengarahkan pembeli untuk membeli barang dan jasa dari pedagang hingga terjadi transaksi. Dengan begitu, orang tersebut akan mendapatkan komisi dari transaksi yang berhasil.
  • Costumer (Pembeli)
    Customer atau pembeli adalah pihak yang membeli barang dan jasa yang ditawarkan oleh affiliate melalui internet. Pembeli tentunya akan memilih dalam membeli atau bertransaksi di internet, sesuai dengan penawaran yang menarik dan menggiurkan dari para affiliate.

Sedangkan jenis program bisnis afiliasi sebenarnya cukup banyak, tapi bentuknya secara umum dikenal ada 3 yakni sebagai berikut.

  • Pay Per Click (PPC)
    Pada program ini pemilik website akan dibayar jika ada pengunjung yang meng-klik iklan tertentu yang terpasang. Salah satu program PPC yang populer saat ini adalah Google Adsense.
  • Pay Per Lead (PPL)
    Pembayaran komisi baru dilakukan jika berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung pada layanan produk/jasa seperti survey, polling dan lain lain. Pay Per Lead contohnya pada program afiliasi Bisnis Online.
  • Pay Per Sale (PPS)
    Dibanding dua program sebelumnya yang bisa dikatakan hampir seperti “making money out of nothing” pembayaran program ini dilakukan jika berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan. Komisi dibayarkan setelah terjadi transaksi pembelian.

Potensi Bisnis Afiliasi untuk Sukses Besar

Jika Anda memiliki website atau blog dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan melaluinya dengan bisnis online, maka Anda bisa pertimbangkan untuk mengikuti program bisnis afiliasi. Meskipun untuk mengikuti bisnis afiliasi tidak sepenuhnya harus memiliki website, namun dengan memiliki website jauh lebih berpeluang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Sangat sederhana dalam memahami cara kerja bisnis online dengan apa itu Affiliate Marketing. Secara garis besar pebisnis online affiliate marketing mempromosikan produk dan layanan dari merchant dan mendapat komisi dari penjualan. Yang wajib dilakukan oleh seorang affiliate marketing adalah mendatangkan traffik pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant atau toko affiliate.

Pada saat pengunjung yang melakukan transaksi pembelian produk dan layanan dari website merchant affiliasi anda, maka pemilik merchant akan tahu pengunjung yang melakukan pembelian dari rekomendasi anda. Oleh Sebab itu anda akan menerima komisi atas penjualan yang dilakukan pengunjung dari traffic yang anda arahkan ke website merchant tersebut.

Apakah anda sekarang sudah memahami bagaimana cara kerja sebagai affiliate marketing, sangat sederhana bukan dalam sistem bisnis affiliate. Dan affiliate marketing juga bisa menjadi salah satu peluang bisnis online bagi pemula yang akan memulai mencari uang dari internet.

Bisa kita simpulkan bahwa internet bisa menjadi sumber penghasilan dan anda dapat membangun sebuah bisnis yang beraffiliasi dengan perusahaan yang terpercaya. Banyak perusahaan affiliasi yang cukup terkenal hingga saat ini baik dari luar negeri ataupun dari dalam negeri, dan semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memulai berbisnis affiliate marketing dari membuat blog yang membahas topik yang anda kuasai dan mendatangkan traffik pengunjung ke blog anda. Sehingga pengunjung blog anda akan tertarik untuk melihat iklan affiliate anda dan membeli ke website merchant affiliate anda.

Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Semakin hari, semakin banyak orang yang ingin terjun ke bisnis online. Tak heran, pencarian kata kunci “cara memulai bisnis online” di Google semakin hari semakin bertambah. Di tulisan kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana cara memulai bisnis online, tepatnya memulai bisnis online di bidang afiliasi.

Sebelumnya sudah dibahas mengenai apa itu bisnis online afiliasi? Bagaimana potensi bisnis online afiliasi? Dan pada pembahasan berikut ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara memulai bisnis online afiliasi.

Pemasaran afiliasi (affiliate marketing) merupakan salah satu bentuk model bisnis online yang banyak dijumpai saat ini. Ketika kita menjadi seorang pemasar afiliasi (affiliate marketer), kita akan membantu pemilik produk untuk memasarkan produk mereka. Lalu, ketika kita berhasil menjual produk tadi kita akan mendapatkan komisi.

Sebelumnya sudah dijelaskan ilustrasi bagaimana bisnis afiliasi bisa dijalankan, namun secara singkat kami akan menjelaskan kembali kepada anda semua. Jadi, bisnis afiliasi bekerja dengan cara seperti misalkan ada si A, si B, dan si C. Si A merupakan pemilik produk. Si B bertugas untuk memasarkan produk si A. Nah setelah beberapa hari, si A berhasil menjual produk si A kepada si C. Dengan demikian, sebagai balas jasa, si A akan memberikan komisi untuk si B. Nah, dari komisi itulah si B bisa mendapatkan pemasukan dari bisnis online afiliasi. Prinsip kerja seorang pemasar afiliasi mirip seperti seorang broker yang menghubungkan antara penjual (pemilik produk) dengan pembeli.

Keunggulan Bisnis Online Afiliasi Dibanding Model Bisnis Online Lainnya

Bisnis online afiliasi punya beberapa keunggulan dibanding jenis bisnis online lainnya. Berikut ini sederet keunggulan bisnis online afiliasi.

  • Tidak Perlu Menyimpan Stok Barang
    Ya betul, tugas seorang pemasar afiliasi hanyalah memasarkan produk kepada calon konsumen. Dengan demikian, ia tidak harus mengurus stok barang/produk, ia juga tidak perlu menyimpan barang. Mengapa? Karena tugas pokok seorang pemasar afiliasi adalah memasarkan produk dari vendor (penyedia produk).
  • Bisa Dijalankan Paruh Waktu
    Nah tentu hal ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berbisnis online tetapi punya pekerjaan utama. Karena bisnis online afiliasi mengandalkan pemasaran melalui internet, Anda tidak harus memasarkan produk setiap hari. Anda dapat menggunakan blog, email, jejaring sosial atau website untuk memasarkan produk afiliasi. Blog, email, dan website tadi tentu bisa bekerja secara otomatis (24 jam sehari) tanpa perlu campur tangan Anda.
  • Cocok Untuk Pendatang Baru Di Bisnis Online
    Salah satu keunggulan pemasaran afiliasi adalah pendatang baru juga bisa ikut serta dalam kegiatan bisnis online ini. Kendati demikian, sama seperti bisnis lainnya, ada teknik dan pengetahuan yang harus dipelajari oleh mereka yang ingin berhasil dalam bisnis online afiliasi. Adapun teknik tersebut misalnya : teknik memasarkan produk, teknik menulis penawaran produk, bagaimana cara promosi yang menarik, dan lain sebagainya.

Tips Memulai Bisnis Afiliasi atau Affiliate Marketing

Jika Anda tertarik mencoba memulai bisnis online afiliasi, berikut langkah-langkahnya.

    1. Menentukan Bidang Afiliasi Anda
      Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah Anda harus menentukan bidang afiliasi Anda. Pikirkan, nantinya Anda ingin memasarkan produk-produk apa saja, produk-produk di bidang apa saja. Apakah di bidang kesehatan, di bidang marketing, di bidang gaya hidup atau lainnya. Sebagai informasi, produk afiliasi terbagi menjadi dua kelompok besar. Dua kelompok tersebut adalah yakni sebagai berikut.
      – Produk Afiliasi Digital
      Contoh produk afiliasi digital biasanya berupa ebook, video, aplikasi, software ataupun keanggotaan di sebuah situs (membership).
      – Produk Afiliasi Fisik
      Produk fisik adalah produk-produk yang dapat disentuh dan berwujud nyata. Contoh produk fisik misalnya : sepatu, tas, baju, aksesoris, makanan, dan lain sebagainya.Dari dua jenis produk di atas, produk-produk digital menawarkan komisi yang lebih besar dibanding produk fisik. Mengapa? Belajar Iklan Di Facebook 300×250 Karena produk digital biasanya harganya di atas produk fisik. Tak hanya itu, persentase komisi yang diberikan oleh vendor produk digital juga besar. Persentase komisi produk digital berkisar mulai dari 25 % – 75 %. Cukup besar, kan?Salah satu yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menentukan bidang afiliasi adalah passion atau hobi Anda. Ambil contoh, Anda memiliki passion di bidang marketing. Nah, Anda dapat menjadi pemasar afiliasi untuk produk-produk yang berkaitan dengan bidang marketing. Contoh produk afiliasi yang berkaitan dengan bidang marketing misalnya produk dari BelajarIklandiFacebook.com. BelajarIklandiFacebook.com menyediakan produk berupa panduan lengkap video pembelajaran Facebook Ads (periklanan Facebook).
    2. Bergabung Di Situs Penyedia Layanan Afiliasi
      Langkah kedua adalah Anda perlu bergabung di situs yang menyediakan layanan afiliasi. Misalkan, Anda sudah menentukan di bidang afiliasi apa Anda akan berkarya. Nah, selanjutnya Anda tinggal bergabung di situs penyedia layanan afiliasi.Ada banyak situs yang menyediakan layanan afiliasi di internet. Kalau di Indonesia, contoh situs yang menyediakan layanan afiliasi misalnya Ratakan.com. Produk-produk yang tersedia di situs Ratakan.com adalah produk-produk digital. Selain Ratakan.com, di Indonesia juga dikenal situs YukBisnis.com.
    3. Tentukan Media Promosi yang Akan Anda Gunakan
      Setelah Anda bergabung di situs penyedia layanan afiliasi, Anda akan mendapatkan akses untuk produk-produk afiliasi yang akan Anda pasarkan. Anda juga akan mendapatkan fasilitas untuk mempromosikan produk afiliasi. Fasilitas yang diberikan biasanya berupa link afiliasi dan banner promosi. Nah, setelah Anda mendapatkan akses ke fasilitas promosi, silakan Anda tentukan media promosi apa yang akan Anda gunakan untuk memasarkan produk afiliasi.Ada beragam media promosi yang tersedia, bisa dengan menggunakan iklan, bisa dengan menggunakan blog, bisa dengan memakai Facebook, dan lain sebagainya. Anda harus tahu media promosi apa yang paling tepat untuk memasarkan produk afiliasi Anda. Setiap media promosi punya karakteristik masing-masing.
    4. Promosikan Produk Afiliasi Anda
      Setelah Anda memutuskan dan menentukan media promosi apa yang akan Anda gunakan, maka langkah berikutnya Anda bisa segera memasarkan produk afiliasi tersebut. Segera mulailah berpromosi untuk mengetahui efektivitas pemasaran yang Anda lakukan.Langkah terbaik untuk segera meraih sukses dalam bisnis adalah dengan segera PRAKTIK. Yang penting Anda mulai dulu. Nah seiring berjalan waktu, sambil jalan, evaluasi setiap langkah pemasaran yang sudah Anda lakukan. Selalu lakukan evaluasi sudah efektifkah Anda cara pemasaran yang Anda gunakan.

Baik, sekian dulu pembahasan tentang pengertian bisnis affiliate marketing, keuntungan dan potensi affiliate marketing hingga cara memulai bisnis online afiliasi ini. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.