Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online

Persaingan yang sangat keras dalam bisnis online shop (olshop) merupakan salah satu problem yang harus bisa diatasi semua pebisnis online shop (olshop). Dengan terus meningkatnya persaingan di semua pasar, toko online perlu terus berpikir agar penjualan olshop mereka tetap stabil dan bisa menutup biaya operasional yang terus meningkat.

Untuk mengatasi problem tersebut, berikut cara meningkatkan penjualan olshop :

1. Mendapatkan pelanggan yang baru dengan cara membuat program reseller agar pelanggan semakin meningkat. Meningkatkan advertising, pay per click ads, content ads, menambah keyword dalam konten web penjualan, dan menambah iklan di media cetak. Selain itu, membuat kampanye marketing baru dengan tampilan yang lebih menarik juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan olshop.

2. Target pasar baru mengacu pada konsumen baru yang tidak tahu jika toko Anda ada.

3. Menjual lebih banyak produk kepada pelanggan yang sudah ada. Lakukan promosi sejumlah produk dengan agresif. Tawari pelanggan Anda dengan produk yang sudah Anda ketahui bahwa mereka suka. Selain itu, Anda bisa mencoba untuk mengarahkan mereka membeli produk yang lebih mahal dan membeli produk lain yang biasanya dilakukan dengan sistem bundling untuk meningkatkan penjualan olshop.

4. Meningkatkan ukuran rata-rata pesanan dengan cara lebih agresif dalam upselling. Pastikan bahwa website yang Anda miliki dapat menampilkan barang upsell pada halaman produk detail dan dalam keranjang belanja.

5. Memperluas lini produk dengan cara menjual produk yang sedikit berbeda dari produk yang saat ini sedang Anda jual. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan pilihan produk laris yang sudah ada, seperti menambah warna, ukuran, dan hal sejenis lain pada pelanggan yang baru. Namun harus diingat bahwa menambah lini produk dalam penjualan olshop memerlukan studi pasar baru lebih dulu. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan dampak pada langkah yang akan Anda ambil.

6. Naikkan harga dengan presentase yang sangat kecil berkisar 1% – 5%. Tidak perlu melakukan pada semua jenis barang yang Anda jual atau dalam jumlah yang besar. Resiko penjualan menurun pasti ada, tapi cukup kecil karena kenaikan harga tidak mencolok.

7. Melakukan cross-line marketing dengan menjual produk secara online tapi barang bisa diambil di toko offline. Cara ini mungkin akan diminati karena tidak perlu tambahan biaya untuk membayar ongkos kirim barang, dan saat berkunjung ke toko offline, pelanggan bisa melihat produk Anda yang lain yang bisa saja membuat mereka tertarik untuk membelinya juga.

Usaha olshop memerlukan kegigihan dan strategi dalam pelaksanaanya. Selain pemasaran, menganalisa target juga harus selalu dilakukan. Demikian cara meningkatkan penjualan olshop yang semoga saja bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga sukses.