Ketrampilan Seorang Manager Media Sosial

Mampu Membuat Konten Yang Menarik

Pada dua puluh tahun yang lalu Bill Gates pernah bilang “Konten Adalah Raja”. Tahukan anda bahwa ucapan bill gates itu menjadi kenyataan.

Ada banyak website yang menyediakan konten dengan berbagai macam penyajian. Contohnya dalam konteks media sosial, konten itu dibagi menjadi tiga, yaitu dalam bentuk teks, video dan gambar.

Sebagian tugas dari manager media sosial adalah membuat konten, untuk membuat konten haruslah mempunyai skill dalam membuat konten. Dalam pembuatan gambar atau video yang rumit lebih baik jangan di kerjakan sendiri tetapi di serahkan pada bagian desainer atau produksi video, sebab ini akan menentukan apa yang di lakukan audiens kedepanya.

Manajemen Komunitas

Kita bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun relasi dengan konsumen atau calon konsumen kita. Itu berarti bahwa kita membangun atau mendirikan hubungan digital dengan konsumen , yang nantinya akan berpengaruh dalam tingkat kepuasan user terhadap kita.

Manajemen komunitas adalah tentang menciptakan, mengamati dan menanggapi percakapan dalam komunitas yang sudah di buat. Pemantauan tweet, menanggapi postingan facebook dan terlibat dengan orang yang menggunakan merek anda. Oleh sebab itu seorang manager media sosial harus mampu menanggapi becandaan atau umpan balik yang negatif. Itu semua adalah bagian PR dan bagian yang harus di atasi oleh seorang manager media sosial.

Steategy Planning

Seorang manager media sosial perlu memahami bagimana cara pencarian konten dan media yang di perlukan.  Sebab anda akan perlu untuk menentukan audiens anda dan tahu apa yang nantinya bisa membantu meningkatkan usaha anda. Seorang manajer media sosial juga harus mencatat kapan waktu terbaik untuk memposting , melakukan kampanya, dan mengawasi apa yang audiens bicarakan. Anda tidak ingin strategi anda gagal hanya karena anda tidak tau apa yang di inginkan pengguna.

Memiliki Ketrampilan Analisa

Kemampuan yang harus dimiliki oleh manajer media sosial adalah kemapuan menganailisa. Ini sangat penting karena analisa memainkan perang yang penting dalam membantu mengambil pemasaran di sosial media anda, karena jika analisa yang di lakukan benar makan akan menjadi efek yang luar biasa untuk bisnis anda.

Sama seperti metode pemasaran digital marketing lainnya, pemasaran lewat media sosial itu memiliki tujuan untuk menghasilkan ROI positif untuk bisnis anda. Untuk bisa menggali data lebih dalam mengenai apa yang di lakukan Pengguna anda, kamu bisa memasang alat analytic seperti kalau di facebook menggunakan Facebook Analytic, Kalau Twitter menggunakan Twitter Analytic.

Seorang manajer media sosial itu membutuhkan dua jenis kemapuan menganalisa. Yang pertama adalah kemampuan untuk menganalisa dan menilai data media sosial, halaman dan konten yang sering di sukai, beberapa pengguna yang kemungkinan mengikuti akun anda atau terlibat di dalam konten anda.

Yang kedua kemampuan dalam menganalisa metrik konversi, mulai dari waktu pengguna di situs , pendapatan dan konversi. Seorang manajer media sosial di tuntut untuk memeiliki pemahaman yang kuat mengenai kedua aspek yang sudah saya sebutkan, ditambah seorang manajer media sosial juga harus merencanakan sisi kreatif dari kampanye yang di lakukan pada media sosial.

Mampu Berkomunikasi dan Bekerja sama

Sebagai seseorang yang bakan berperan banyak dalam memerankan “wajah” perusahaan, seorang manajer media sosial harus paham bagaimana cara membangun hubungan yang baik dengan pengguna perorangan atau kelompok. Bukan hanya lewat kontennya, tapi juga lewat bermacam interaksi baik itu online maupun bisa sedang ada event yang offline. Seorang manager media sosial harus bisa membuatkomunitas tetap aktif dengan menanyakan beberapa pertanyaan dan bahan untuk diskusi di sela sela kamu promosi.

Adaptif atau Mudah Menyesuaikan Diri dengan keadaan

Karena berita di media sosial itu lengkap dan berganti begitu cepat, maka manajer media sosial di tuntut untuk bisa meyesuaikan diri dengan lingkungan.  Anda bukan hanya di tuntut untuk bisa menjadwalkan postingan dengan baik tetapi, anda juga harus bisa mencoba fitur baru dan mengubah agar postingan anda naik serta sesuai dengan apa yang sedang di bahas di timeline.