Rahasia Cara Riset Keyword Paling Jitu

Bagi Anda yang pertama kali membuat blog mungkin akan bingung dalam menentukan keyword yang tepat untuk artikel dan bagian dari blog tersebut. Mungkin sebagian dari orang yang sedang build atau membangun blog akan mengisi blog mereka dengan ide yang ada dipikiran mereka sesuai dengan hoby yang dimilikinya, namun sebagian lagi terkadang ada yang menargetkan keyword mendapatkan uang dari blog karena dirasa lebih efektif untuk menarik calon pengunjung agar datang. Namun pada kenyataannya blog tidak akan sukses dan ramai pengunjung apabila anda hanya mengandalkan ide ide yang anda sukai. Dalam membangun sebuah blog anda juga harus membuat perencanaan dalam menyusun sebuah artikel dengan keyword yang ditargetkan untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi ke blog yang dibuat.

Jadi, dengan begitu dapat disimpulkan bahwa sesuatu hal terpenting dan wajib diketahui setiap pemilik blog yang ingin membangun blog atau website yang profit dan menghasilkan uang adalah cara riset keyword atau kata kunci. Oleh karena itu, mengapa riset keyword perlu untuk dijadikan sebagai patokan utama dalam membangun sebuah blog. Hal ini tentunya karena tanpa pengetahuan riset keyword yang benar maka bisa menghabiskan waktu dan biaya dalam membangun blog disebabkan tidak punya target keyword yang benar dan otomatis anda juga tidak akan menghasilkan profit apa-apa. Maka tentukan tujuan anda dalam membangun sebuah blog dengan menentukan ide keyword dalam setiap artikel yang akan diisi diblog.

Apa itu Keyword?

Sebenarnya dalam teori SEO, dari sekian banyaknya jumlah pencari keyword bukanlah satu-satunya yang menjadi faktor keberhasilan artikel bisa berada di halaman pertama google. Pada umumnya, keyword yang banyak dicari secara otomatis keyword tersebut akan memiliki banyak saingan. Oleh karena itu keuntungan melakukan riset keyword merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan untuk mendapatkan keyword yang banyak di cari, namun memiliki sedikit persaingan. Dengan begitu blog kita akan mampu berada pada nomor ke-1 dalam hasil pencarian di mesin pencari seperti google.

Contohnya seperti pada saat kita membuka sebuah bisnis di dunia nyata, maka hal pertama yang sangat penting untuk dilakukan adalah menentukan tempat. Apabila kita bisa mendapatkan tempat yang strategis dan banyak di lalui oleh kebanyakan orang, maka secara otomatis anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Dan tentunya hal ini memiliki hubungan yang erat dengan produk yang kita jual. Sementara jika di dunia online hal yang paling utama dan yang paling penting bukanlah tempat, melainkan isi dari sebuah blog atau keyword. Keyword disinis memiliki fungsi agar artikel atau blog website kita bisa dengan mudah ditemukan oleh kebanyakan orang.

Jadi, dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa keyword adalah kata kunci yang di gunakan oleh calon pengunjung pada mesin pencari untuk mencari informasi. Misalnya ketika anda ingin mencari tas branded, maka kemungkinan mereka tidak akan mencarinya dengan kata kunci tas branded tetapi dengan kata kunci tas impor wanita ataupun pria. Nah, ketiga kata itulah yang sebenarnya di sebut dengan keyword.

Pada kenyataannya, apabila dilihat dari beberapa pengalaman dari kebanyakan orang. Rata-rata para pencari akan langsung masuk ke blog yang ada di halaman pertama dan di urutan pertama mesin pencari seperti google. Sehingga, dengan keadaan yang seperti itu kesempatan untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak atau trafik yang tinggi akan dapat dengan mudah di raih oleh blog yang mampu berada pada posisi pertama.

Maka dari itu, kita perlu tahu apa kata kunci atau keyword yang digunakan oleh para blogger yang kontennya berada di halaman 1 mesin pencari. Keuntungan dan manfaat melakukan riset kata kunci dapat anda lihat pada kondisi diatas. Penting untuk melakukan riset keyword karena dengan begitu kita dapat mengetahui kata kunci yang banyak di cari dan kedua kita dapat melihat seberapa banyak pesaing yang menggunakan kata kunci tersebut. Riset keyword dilakukan demi satu tujuan, yakni meraih peringkat halaman ke satu di kata kunci dengan nilai pencarian terbanyak dan persaingan sedikit yang mudah di kalahkan di mesin pencari seperti google.

Keuntungan Riset Keyword untuk Blog

Ketika berbicara masalah riset pasti kita juga akan membicarakan tentang apa saja keuntungan riset keyword untuk sebuah blog. Bagi sebagian besar dari internet marketer pasti sudah tahu apa aja keuntungan riset keyword atau manfaat kita jika melakukan riset kata kunci. Keuntungan riset keyword atau kata kunci di google dengan benar akan berpengaruh pada penghasilan dari hasil nge-blog kita. Oleh karena itu, untuk itu lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa keuntungan riset keyword untuk sebuah blog.

  • Blog akan memiliki banyak pengunjung/visitor
    Keuntungan riset keyword yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi sudah tak mengherankan. Ketika kita melakukan riset keyword atau kata kunci dengan benar, maka pengunjung akan senantiasa datang sesuai dengan keyword yang kita targetkan. Selain itu, keyoword yang tepat juga akan memiliki pengaruh pada posisi dari artikel yang kita buat. Keyword yang ada di sebuah konten atau artikel tersebut bisa saja muncul di halaman satu google karena memang memiliki keyword yang bagus dan informative, selain itu bisa juga karena rekomendasi dari pengunjung melalui media sosial. Oleh karena itu, pastikan anda membagikan konten anda di media sosial untuk meningkatkan trafik pengunjung.
  • Mengalahkan keyword pesaing
    Tentunya kita harus menggunakan beberapa keyword-keyword yang banyak di dalam satu artikel agar bisa mengalahkan pesaing atau kompetitor website atau blog lainnya dengan niche serupa. Nah, keuntungan riset keyword dalam hal ini adalah anda bisa mengalahkan persaingan dengan banyaknya keyword yang muncul sesuai dengan target kita di konten yang kita buat. Namun, pada saat membuat konten pastikan anda tidak terlalu fokus pada keyword karena hal ini akan membuat artikel tidak enak dibaca, tidak natural dan tidak informatif. Kenyamanan pembaca tetap menjadi poin utama dalam hal ini.
  • Dapat menentukan sub-sub heading
    Ketika kita melakukan riset keyword yang benar, maka kita bisa memisahkan sub-sub heading pada sebuah konten yang kita buat. Misalnya anda bisa menentukan tata letak heading seperti di H2, H3, H4, Qoute, dan seterusnya secara tepat. dimana hal ini tentunya akan sangat berpengaruh dimata mesin pencari google karena akan terlihat rapi.
  • Navigasi artikel yang jelas
    Dengan lengkapnya suatu artikel yang dibuat, pastinya tujuan dari pengunjung juga akan dengan mudah akan didapatkan. Misalnya pada saat kita mencari tentang belajar seo, maka mereka akan memahami bagaimana belajar seo yang benar melalui konten artikel yang anda buat. Oleh karena itu, pastikan anda membuat navigasi artikel yang bagus. Navigasi artikel yang kami maksud dalam hal ini misalnya seperti menentukan sub heading, kategori, tag dan lain-lain.

Tips Riset Keyword bagi Pemula

Riset keyword adalah mencari kata kunci yang sering digunakan orang lain dalam mencari sesuatu dengan mengetikan kata kunci di mesin pencari seperti google. Dan kata kunci yang di ketikan oleh orang orang tersebut disimpan dalam mesin pencari dan dijadikan patokan dalam mengetahui keyword yang sering digunakan orang dalam mencari sesuatu di internet.

Keyword yang sudah diriset inilah yang akan menjadi patokan kita dalam membuat konten artikel yang tepat. Pada saat mereka mengetik keyword yang sesuai dengan keyword artikel dari blog kita maka secara otomatis mesin pencari pun akan membuat peringkat blog atau website yang sesuai dengan keyword yang dicari oleh orang-orang tersebut sehingga artikel kita bisa jadi ada di halaman pertama google.

Sebenarnya ada banyak software dan tools yang bisa digunakan untuk mempercepat riset keyword yang ingin kita cari. Namun, terkadang cara ini akan membuat kita kebingungan dan bosan sendiri karena keyword yang muncul selalu berputar seperti itu itu saja alias sama saja. Meskipun masalah utama sebenarnya tidak terletak pada tool atau software yang digunakan ketika anda kebingungan untuk menentukan keyword yang tepat. Akan tetapi dalam memilih keyword dibutuhkan kreatifitas dan ide-ide dalam mengembangkan keyword yang sekiranya banyak dicari oleh orang-orang di internet.

Namun pada artikel kali ini kami akan mempermudah pencarian bagaimana cara riset keyword paling jitu yang jarang diketahui oleh sebagian orang, dan tentunya tidak akan membuat anda bingung dalam menentukan keyword sehingga anda lebih terbuka kreatifitas dalam menentukan ide keyword.

Riset Keyword dengan Wikipedia Keyword Search

Kita pasti sepakat kalau Wikipedia salah satu perpustakaan online terpopuler yang banyak dijadikan sebagai sumber informasi dunia. Tetapi tahukan anda kalau Wikipedia bisa dijadikan salah satu tempat dalam mencari ide keyword untuk blog anda, iya anda akan menemukan ide keyword yang banyak dan bisa dijadikan patokan dalam menentukan ide keyword artikel blog anda.

Cara menriset keyword dengan Wikipedia juga sangat mudah, Anda hanya cukup mengetikan kata kunci di search Wikipedia tersebut, maka secara otomatis Wikipedia akan menampilkan semua pencarian artikel yang berkaitan dengan kata kunci yang kita ketikan tadi. Cara meriset keyword dengan cara seperti ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai patokan menentukan LSI keywords . Beberapa kata yang di tebalkan dan ditandai warna merah pada kalimat paragraf wikipedia bisa juga kita jadikan sebagai ide riset kata kunci yang bisa dikembangkan lagi untuk mendapatkan keyword yang tepat.

Pada kolom kategori di wikipedia juga bisa kita lihat daftar kata kunci yang cukup banyak dan dapat diriset kembali untuk menemukan keyword untuk artikel content blog anda. Sekarang anda bisa berkreatifitas dengan Wikipedia dalam menentukan keyword yang ingin anda tentukan untuk membuat artikel blog anda. Tetapi anda harus tetap fokus dalam mencari informasi keyword yang dibutuhkan karena bisa bisa anda akan overload dalam otak anda karena banyaknya informasi yang ditampilkan oleh Wikipedia.

Riset Keyword dengan Google Suggestions Tool

Pernahkan anda mengetikan keyword yang di kotak pencarian google maka akan muncul algoritma google tentang keyword yang terkait dengan keyword yang sudah kita ketikan tadi. Google akan otomatis menampilkan keyword long tail yang banyak digunakan orang orang mencari kata kunci terkait. Kami akan menyarankan anda untuk mencari keyword menggunakan google suggestion dengan toolbar dari Mozilla karena biasanya akan tampil hasil pencarian dari keyword suggestion yang banyak.

Riset Keyword dengan Google Related Searches Tool

Nah kalau yang ini anda bisa melihat dibagian bawah pada halaman pencarian google. Saat anda mengetikan kata kunci pencarian di mesin pencari google dan anda klik search maka biasanya google akan menampilkan kata kunci yang berkaitan yang dicari dibagian bawahnya. Keyword yang muncul biasanya akan berhubungan dengan keyword utama yang sedang anda cari.

Hal ini karena Keyword yang muncul tersebut merupakan keyword related dari keyword utama yang dicari dan seterusnya. Teknik yang bisa anda gunakan adalah dengan cara menggunakan keyword related yang sudah ditemuka tadi dengan menggunakan Wikipedia. Setelah itu masukan keyword tersebut di kotak pencarian Wikipedia sehingga anda bisa mendapatkan ide ide keyword yang baru.

Riset Keyword dengan Menggunakan Google Trends

Terkadang berita atau kejadian yang lagi viral bisa menjadi salah satu cara untuk menentukan ide ide keyword yang lagi trend saat itu. Keyword yang sedang tren dan viral biasanya akan sering diketikan oleh pengguna internet yang mencari informasi tentang topik yang sedang nge-trend dan viral tersebut. Denagan menggunakan metode yang satu ini, Anda bisa mengambil peluang dalam menentukan keyword yang banyak dicari melalui google trend. Apabila trend pada keyword yang ditemukan tersebut memiliki peningkatan atau menanjak, maka anda bisa menggunakannya untuk dimasukkan ke artikel yang akan ditulis.

Bisa jadi dari topik yang lagi trend dan sedang viral tersebut bisa mendongkrak trafik pengunjung blog anda pada saat itu. Dan sebenarnya satu hal yang harus anda ketahui adalah akan selalu ada keyword yang selalu menjadi trend yang ada disekitar kita. Biasanya google trend akan ditampilkan keyword related yang memiiliki trend yang tinggi atau banyak dicari orang. Dengan begitu kita dapat menggunakan keyword related dari google trend untuk menemukan ide baru. Dan meriset kembali kata kuncinya yang tidak terlalu tinggi persaingannya, sehingga peluang website atau blog kita di halaman satu google kemungkinan akan semakin besar.

Riset Keyword dengan Situs Artikel Direktori

Untuk mencari keyword utama, Anda bisa mengunjungi situs-situs artikel direktori dan gunakan kategori dari situs tersebut. Dengan begitu, anda akan mendapatkan ide ide baru dengan melakukan cara riset keyword utama. Selain itu, anda juga bisa lebih mudah untuk mencari long tail keyword tersebut. ezinearticle.com merupakan salah satu situ favorit dari situs artikel direktori. Di situs tersebut, Anda bisa dengan mudah untuk melihat kategori yang ada dan kategori sub dari kategori tersebut.

Riset Keyword dengan Fungsi Histats

Histat biasanya digunakan untuk mengukur seberapa banyak kunjungan yang datang pada suatu website atau blog. Terkadang sebagian pemilik blog ada yang membuat pengaturan dari histat blog menjadi private walau tidak sedikit juga yang membiarkan terbuka. Histat salah satu web tracking yang favorit dan digunakan oleh pemilik blog , histat menjadi patokan mengukur kunjungan suatu website.

Jarang disadari terkadang histat juga bisa menjadi sumber ide keyword yang ingin anda cari. Hasil pencarian tersebut dan anda bisa lihat dihistat blog tersebut untuk melihat keyword popular dari blog itu. Tidak semudah yang anda bayangkan , karena memang ada sebagian blog menggunakan private di histat blog mereka agar tidak bisa terlihat oleh orang lain.

Tetapi anda harus sedikit bersabar untuk menemukan beberapa blog yang bisa anda lihat histat blog mereka dan anda bisa menggunakan keyword yang digunakan oleh blog tersebut.

Kesimpulan

Anda bisa menggunakan tips dan cara riset keyword untuk SEO yang sudah kami jelaskan diatas. Selain itu, anda hanya cukup memodifikasi ulang dengan teknik lain atau menggabungkannya. Dengan mengikuti cara riset keyword yang seperti itu, anda akan semakin terbiasa menggunakannya dalam mencari keyword untuk blog anda.

Walau menggunakan tool yang gratisan kita bisa mendapatkan keyword yang bagus dan profit untuk digunakan membuat blog. Justru dengan cara tersebut terkadang tidak bisa dideteksi oleh tool premium sekalipun karena akan ada keyword baru yang muncul. Anda bisa bereksplorasi menggunakan cara-cara alternatif yang kami jelaskan untuk mendapatkan ide keyword yang lebih luas tanpa menggunakan tool atau software pencari keyword yang berbayar.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menemukan ide mencari keyword dan tentunya akan menambah pengetahuan anda tentang riset keyword untuk SEO. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.